Wednesday, June 03, 2009

Pemadaman Listrik Di Kota Padang

Bukan hal yang asing, jika tiba-tiba listrik padam se kota Padang (atau sebagian) tanpa adanya pemberitahuan dari pihak PLN sebagai penyedia listrik di negri ini.
Saya tidak tau ada apa dan mengapa peristiwa ini seperti jadi agenda buat PLN di kota Padang. Contohnya kemaren (2 juni 2009) dari jam 12 siang sampai jam 3 sore dan sekitar jam 21:05 wib terjadi pemadam listrik di wilayah kota Padang tanpa ada pengumuman dari pihak PLN..memang kejadian ini tidak lama..ya sekitar 10 menit kemudian listrik kembali nyala.
Hal ini juga berlanjut besoknya (3 juni 2009) dari jam 14:50 siang sampai jam 5 sore juga terjadi hal yang sama.

Tapi itu bukan hal pertama, bisa dibilang hampir tiap bulan ada beberapa hari peristiwa tersebut terjadi..kadang-kadang siang hari bisa sampai 3 jam lebih terjadi pemadaman listrik tersebut.

Sebagai warga negara penulis sadar atas keterbatasan PLN dalam mensuplai kebutuhan listrik, tapi itu bukan hal yang baru terjadi sekarang tetapi sudah terjadi bertahun-tahun..dan sudah berganti presiden malah, tp hal ini seperti penyakit yang tak kunjung ada obatnya.

penulis sendiri pernah tinggal di ibukota negara yaitu kota Jakarta, disana kalau ada jadwal pemadaman listrik berkala biasanya ada pemberitahuan dari PLN bisa melalui surat kabar..apa karena warga jakarta suka demo sehingga PLN wajib memberitahukan jadwal pemadaman berkala tersebut ke masyarakat jakarta dan sekitar nya.

Apa kita warga Padang dan sekitarnya juga harus ikut-ikutan demo, secara hukum kita sesama warga Indonesia dan pelanggan PLN memiliki hak dan kewajiban yang sama, tetapi kenapa terjadi perbedaan perkaluan kepada kita di Kota Padang.

Agak khusus sedikit yaitu di Kelurahan Pasie Nan Tigo, kec. Koto Tangah. Padang..selama 3 bulan terakhir ada lebih dari 5 kali pemadaman listrik yang dilakukan oleh pihak PLN di wilayah ini, alasannya ada perbaikan di sektor ini..tp ya seperti biasa..tanpa pemberitahuan.

Pernah beberapa kali petugas PLN yang kebetulan sedang memperbaiki listrik yang baru dipadamkan (dilapangan) di bentak oleh salah seorang masyarakat, tp mereka hanya diam dan cuek..point dari bentakan warga itu begini kira-kira " lain kali kalau mau terjadi pemutusan/perbaikan listrik tolong di informasikan lah, biar kita siap-siap sebelumnya"..kebetulan titik (tiang) dimana tempat pemutusan itu terjadi terletak di dekat rumah warga dan ada warungnya yang kebetulan selalu ramai oleh pemuda dari senja sampai malam hari.

tapi ya begitulah..bentahan, atau keluhan warga hanya dibawa seperti angin lalu..gak ada aksi positif dari pihak PLN nya.

No comments:

Post a Comment